Kamis, 22 November 2012

ANALISIS FILM THE RON CLARK STORY

ANALISIS FILM THE RON CLARK STORY

A.    Nama Tokoh dan Perwatakannya
1.    Ron Clark : seorang guru yang sangat cerdas, pantang menyerah, penyayang,  inovatif, kreatif dan bersemangat.
2.    Tayshawn : siswa yang berjiwa keras, pemberani, acuh.
3.    Shameika : siswa yang keras, pemberani, berjiwa pemimpin, sifatnya keibuan.
4.    Principal Turner : kepala sekolah yang egois, kurang bijaksana.
5.    Marissa Vega : rekan kerja yang baik,cantik, pekerja keras, jago akting.
6.    Julio Vazquez: siswa yang suka mencuri, suka taruhan, pintar main kartu.
7.    Ron Clark Sr. : ibu ron clark yang penyayang, baik hati, dan bijaksana.
8.    Badriyah : siswa yang pemalu, pendiam, pintar, rajin baca buku.
9.    Arena Raquel : siswa yang kalem dan suka tidur di kelas.
10.    Badriyah's Father: ayah yang mengekang anak, tidak demokratis, otoriter.
11.    Jean Clark : ayah ron clark yang penyayang dan bijaksana.
12.    Doretha Wallace : ibu shamaika yang pekerja keras dan bijaksana.
13.    Hadley : teman ron clark di cafe.
14.    Alita Sanchez : siswa yang cuek.
15.    Yolanda : resepsionis hotel yang sibuk, baik dan tegas.

B.    Permasalahan
Permasalahan yang ada dalam film ini yaitu:
1.    Bagaimana mengajar siswa dengan karakteristik berbeda-beda yang malas untuk belajar seperti tidak mempunyai cita-cita.
2.    Bagaimana supaya siswa yang berasal dan dilabel dengan kelas terburuk dan terendah agar bisa lulus ujian nasional dan juga menghadapi kepala sekolah
3.    Selain itu, muncul juga masalah dari Mr. Turner yang merupakan kepala sekolah di SD tersebut. Ia merasa kurang cocok dengan gaya pembelajaran yang dilakukan oleh Mr. Clark, bahkan dia sempat menekan Mr. Clark dengan mengatakan “My school, my rule, my way”. Mr. Turner pun juga hanya berorientasi pada nilai dan kelulusan seluruh siswanya, sehingga ia kurang percaya dengan metode yang dilakukan oleh Mr. Clark dan terus menuntut agar seluruh siswanya lulus.

C.    Solusi atau Upaya Mengatasi Masalah Tersebut
1.    Mr. Clark melakukan adaptasi dengan siswa didalam kelas dengan cara memberikan aturan dari Mr. Clark dimana aturannya yang pertama yaitu kita adalah keluarga, yang kedua adalah kita saling menghormati, dan yang ketiga adalah kita akan masuk dan keluar kelas dengan cara berbaris.
2.    Melakukan observasi dan pendekatan kepada orangtua agar bisa diajak bekerjasama dalam pekerjaan rumah dan memberikan pengajaran tambahan di rumah.
3.    Melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar anak termotivasi untuk belajar seperti yang dilakukan Mr. Clark diantaranya:
a.    Menggunakan berbagai media gambar didalam kelas
b.    Bercerita dengan memberi tema pada situasi pembelajaran
c.    Menggunakan media musik untuk menghapal pembelajaran
4.    Melakukan pendekatan individual dengan siswa-siswanya agar lebih dekat dan siswa merasa terbuka, tidak canggung, dan bisa masuk kedunia siswa-siswanya.

D.    Kelebihan dan Kekurangan Mr. Clark
Mr. Clark adalah seorang guru yang dapat melihat potensi-potensi kecerdasan dan bakat  yang dimiliki oleh para siswanya dengan baik. Bahkan kini ia dapat membuat siswa-siswannya mulai untuk mencintainya. Dia bekerja keras untuk membuat para siswanya dapat belajar Dengan baik. Dia meluangkan waktunya untuk memberikan pelajaran tambahan bagi para siswanya secara privat. Bahkan sampai-sampai dia tidak menghiraukan kondisi kesehatannya. Ketika waktu tinggal beberapa pekan sebelum Ujian nasional dilakukan, berbagai macam usaha dan kerja keras telah dilakukan Mr. Clark, pikirannya semakin mendapatkan tekanan hebat dan tenaganya terforsir, hingga membuat badannya dalam kondisi yang tidak baik. Ketika ia harusnya dirawat di rumah sakit dia masih saja nekat mengajar. Hingga ia jatuh pingsan ketika mengajar di Depan kelas. Ketika seorang guru dirawat di rumah sakit, tentu saja proses pembelajaran di kelasnya pun akan terhenti. Namun tidak demikian pada kelas Mr. Clark, dia tetap mengajar siswanya dengan menggunakan rekaman videonya dari Rumah sakit. Dibantu oleh Maurice, Clark mebuat  video guna diberikan pada siswanya di kelas. Sungguh seorang guru yang luar biasa. Seminggu sebelum Ujian Nasional Mr. Clark sudah masuk kembali ke kelasnya. Dia hanya sekedar mengulang dan memberikan penguatan-penguatan pada siswanya agar mereka bisa melaksanakan ujian nasional dengan tenang.

E.    Nilai –nilai/ metode / strategi yang dilakukan Mr. Clark
Nilai-nilai yang diterapkan oleh Mr. Clark yaitu dengan menerapkan kepada siswa-siswanya bahwa kita semua adalah keluarga, dimana keluarga adalah tempat untuk saling menghormati, memberi dukungan, dan menyayangi. Adapun metode atau stategi yang dilakukan Mr. Clark yaitu menggunakan metode-metode yang lain daripada yang lain. Dia menggunakan metode yang disukai dan dapat membuat siswanya merasa nyaman dan senang selama proses pembelajaran. Entah dengan menggunakan radio tape, berjalan jalan, bergaya slengekan, bahkan ia tak sungkan untuk duduk di atas meja dimana biasanya hal itu adalah hal yang tidak sopan, apalagi jika dilakukan oleh seorang guru. Dia mencoba mendalami siswa siswanya yang memiliki masalah satu per satu kemudian dia berusaha menanganinya. Dia rela mengorbankan waktunya untuk membantu siswanya agar dapat belajar dan menjadi lebih baik lagi.

F.    Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa diambil untuk seorang Guru dari film ini yaitu:
1.    Guru harus memahami karakteristik dan kebutuhan siswanya
2.    Jadilah Guru yang menyukai tantangan dalam mengajar jangan mudah menyerah dan putus asa
3.    Guru harus bisa memotivasi siwanya untuk belajar
4.    Guru harus bisa melakukan pendekatan secara individual dengan siswa
5.    Guru harus bisa bekerja sama dengan kepala sekolah, orangtua dalam merancang suatu program pembelajaran bagi siswanya, sehingga program yang diberikan disekolah bisa sejalan dengan program atau kebiasaan yang dilakukan dirumah.
6.    Guru harus kreatf, solutif, dan inovatif.
7.    Guru harus pandai memberikan reinforcement baik yang positif maupun negatif kepada siswa
8.    Guru harus bisa memanfaatkan setiap kondisi sebagai media belajar bagi siswa, sehingga dimana saja siswa bisa belajar
9.    Guru jangan pernah malu utuk mengatakan “saya belajar dari kalian, dan kalian belajar dari saya”.
10.    Guru harus menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan harus selalu menghargai kemampuan sekecil apapun yang dimiliki siswanya.

7 komentar:

  1. terimakasih atas postingannya...
    saat bermanfaat....

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik mba sist ^^
    Semoga kita (calon Pendidik) mampu menjadi Pendidik yang super hebat seperti Ron Clark, bahkan lebih dari beliau, Aamiinnn...

    BalasHapus
  3. sangat baik....
    khususnya bagi pemula,

    BalasHapus
  4. Sangat termotivasi saya sebagai calon Guru, dengan pelajaran yang baik dalam film ini. Terima kasih Gbu

    BalasHapus
  5. Sangat baik dan menarik bagi yang baru mengetahui seperti saya,, makasih ya shay..

    BalasHapus
  6. яσи ¢ℓαяк ιѕ α νєяу gяєαт тєα¢нєя ι αℓяєα∂у ωαт¢н тнє мσνιє αи∂ мα∂є мє ωαит тσ вє α тєα¢нєя

    BalasHapus